Login or Register to make a submission.

Author Guidelines

Petunjuk untuk Para Penulis

 Kontributor

  1. Kami mendorong para hamba Tuhan, pendeta, dosen, alumni, dan peminat serius lainnya supaya dapat berpartisipasi dalam menyumbangkan karya tulis terbaiknya. Para mahasiswa tingkat pascasarjana dan doktoral dari berbagai seminari (teologi) juga diharapkan dapat ikut menambah ragam tulisan dalam berkala ini.

    Redaksi akan mempertimbangkan penerbitan tiap artikel yang masuk berdasarkan masukan dari para mitra bebestari (berdasarkan sistem "blind peer-review"), serta menyuntingnya menurut ketentuan penerbitan jurnal yang umum. Artikel yang diterima akan diberikan imbalan. Keputusan akhir publikasi setiap artikel merupakan hak penyunting Jurnal SATI. 

  2. Tanggung jawab

    Setiap penulis bertanggung jawab terhadap keakuratan data artikelnya dan menjaga integritas keilmiahan dan orisinalitas dari keseluruhan isi artikel dan bikan hasil plagiarisasi. Hal ini berarti perlu mencantumkan dan mendokumentasikan sumber materi menurut aturan Turabian style versi 7 (The Chicago Manual of Style).

  3. Hak cipta

    Demi menjaga etika penulisan, maka artikel sebaiknya mencantumkan pernyataan "tulisan ini belum pernah diterbitkan di mana pun."

    Namun penulis tetap berhak atas hak cipta tulisannya, karena itu boleh menerbitkan artikelnya dalam versi daring misalnya di laman pribadi, dengan mencantumkan pernyataan: "Tulisan ini telah dipublikasikan pada tanggal ...... dalam versi daring di http://blablabla."

  4. Konflik kepentingan

    Penulis perlu mencantumkan pernyataan apakah suatu penelitian disponsori oleh lembaga tertentu ataukah tulisannya bebas dari konflik kepentingan.

  5. Pengiriman naskah

    - Untuk memudahkan penelusuran, setiap pengiriman naskah harus dilakukan secara daring melalui situs http://jurnal.sttsati.org. Pengiriman melalui pos atau email tidak akan dilayani.

    - Semua referensi identitas penulis tidak boleh disertakan baik dalam teks maupun catatan kaki naskah. Profil singkat penulis beserta nama lengkap, gelar, jabatan dan afiliasi institusional, alamat pos dan alamat email, harap disertakan dalam halaman terpisah dan dikirimkan dalam formulir daring.

    - Ketika mengirimkan versi akhir naskah, harap di bagian akhir tulisan disertakan biodata singkat penulis termasuk afiliasi dll.

  6. Format tulisan

    - Pengetikan naskah artikel dengan spasi ganda dengan font Times New Roman 12 pts, dan haruslah mengikuti kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

    - Naskah dalam bahasa selain Indonesia agar diterjemahkan dahulu dengan bantuan penerjemah. Jangan menggunakan metode penerjemahan otomatis seperti Google translator.

    - Panjang naskah sekitar 5-12 ribu kata (15-20 halaman kertas kwarto) termasuk catatan kaki dan diagram/ilustrasi.

    - Tata cara rujukan materi mengikuti aturan Turabian versi 7

    - Margin 2 cm pada semua sisi.

  7. Kaidah presentasi

    - judul artikel: dalam huruf kapital, di bawah judul cantumkan nama lengkap tanpa gelar.

    - abstrak: adalah ringkasan dari isi artikel yang dituangkan secara padat, bukan komentar atau pengantar penulis, ditulis dalam 2 bahasa (Indonesia dan Inggris). Abstrak terdiri dari 50-70 kata yang disusun dalam satu paragraf dalam spasi tunggal, dengan format esei bukan enumeratif, diketik menjorok masuk beberapa ketukan.

    - kata kunci: sertakan 5 kata kunci dalam bahasa Inggris yang mewakili ide-ide dasar dari tulisan

    - pendahuluan

    - pembahasan (isi dari tulisan, bisa terdiri dari beberapa bagian)

    - penutup/kesimpulan

    - kalimat penghargaan (acknowledgement): opsional

    - bibliografi

    - riwayat dokumen: berisi tanggal penulisan, tanggal pengiriman, tanggal diterima

  8. Ulasan buku/film/musik atau karya seni lainnya

    Secara khusus naskah ulasan buku atau karya seni hendaknya berkisar antara 500-1000 kata, tergantung kepada buku yang hendak diulas. Informasi bibliografi harus tertera di awal ulasan buku, dengan menggunakan format seperti contoh di bawah ini:

    Ikhtisar Dogmatika oleh R. Soedarmo. Cetakan ke-15. Jakarta: Gunung Mulia, 2009. xv + 260 halaman. Rp. 39.000,-

  9. Masa tinjauan

    - Peninjauan kelayakan suatu tulisan akan dilakukan oleh mitra bebestari yang ditunjuk oleh ketua dewan penyunting. Peninjauan dilakukan secara buta (blind peer review).

    - Mitra bebestari diminta membaca dan memberikan kritik dan saran untuk perbaikan dalam kurun waktu selambat-lambatnya 4 minggu setelah artikel dikirimkan secara daring.

    - Setelah mitra bebestari memberikan tanggapan, maka penulis diberikan kesempatan selama 10 hari untuk memperbaiki tulisannya.

    - Seluruh proses peninjauan diharapkan selesai tidak lebih dari 2 bulan sejak artikel diterima, karena itu dianjurkan agar artikel dikirimkan jauh hari sebelum tanggal penerbitan edisi berikutnya.

  10. Ilustrasi dan diagram

    Ilustrasi dan diagram yang diperlukan untuk memperjelas maksud tulisan, jika ada, mesti disertakan dalam badan tulisan dan diberikan nomor urut.

     

Versi 1.0: 18 April 2017

VC